Monday, March 6, 2017

Resep Strawberry Mirror Cake Kue Kaca Spesial Anti Gagal

Cara Membuat Resep Strawberry Mirror Cake atau Kue Kaca Yang Cantik dan Lezat Dari Rusia. Strawberry Mirror Cake atau orang kita menyebutnya kue kaca strawbery dari Rusia ini memang sangat menarik. Dari tampiallannya saja, resep cake ini sudah kelihatan lezat dan segar. Apalagi kalau menikmatinya dengan keluarga. Pasti yummy dan minta nagih. Walaupun bentuknya kelihatannya mewah banget, tetapi cara membuat Strawberry Mirror Cake ini ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan lho. Asal menggunakan bahan yang pas takarannya, pasti semua orang bisa membuatnya.

Resep Strawberry Mirror Cake aka Cake Vanilla lapis Strawberry Bavarian Cream


Resep Strawberry Mirror Cake atau resep Cake Vanilla lapis Strawberry Bavarian Cream ini memang sangat menggoda mata dan lidah. Kue enak dan lezat terus di lapisan atasnya diguyur jelly merah bening layaknya cermin sehingga menambah kemewahan resep kue ini. Mantab, siapa yang tak tergoda untuk mencicipinya bukan.

Resep aslinya dapat dari browsing tetapi yang di bawah sudah dimodifikasi dan dilewati bagian bikin mirrornya. Cari yang mudah saya modifikasi Strawberry Mirror Cake nya dengan menggunakan agar-agar bubuk. Soalnya membuat bavarian cream-nya sedikit susah dan ribet benner. Langsung aja ya, ini dia resep Strawberry Mirror Cake yang sudah saya modifikasi..
resep Strawberry Mirror Cake enak
resep Strawberry Mirror Cake

Bahan Untuk Membuat Vanilla Sponge Cake:

  1. 3 butir telur utuh.
  2. 3 butir kuning telur.
  3. 1/4 cup gula.
  4. 1 sdt vanilla ekstrak.
  5. 3 butir putih telur.
  6. 1/8 sdt cream of tar-tar (bisa diganti 3/8 air lemon atau white vinegar 5%).
  7. 2 sdm gula.
  8. 2/3 cup tepung terigu, ayak.

Bahan Soaking Syrup:

  1. 1/2 cup air.
  2. 1/3 cup gula.
  3. 2 sdm kirsch/strawberry liqueur (bisa dihilangkan).

Bahan Untuk Membuat Strawberry Bavarian Cream:


  1. 2 1/2 sdm gelatin bubuk. Kalau kebanyakan bisa dijadiin 1 atau 1 1/2 sendok makan saja.
  2. 1 1/2 cup strawbery puree kemudian saring atau bisa juga diblender halus saja.
  3. 5 butir kuning telur.
  4. 2/3 cup gula.
  5. 1 1/2 cup susu cair.
  6. 1 sdm air lemon.
  7. Beberapa tetes pewarna merah.
  8. 1 3/4 cup whipping cream.


Bahan Untuk Strawberry Mirror:


  1. 1 sachet agar-agar bubuk.
  2. 50 gr gula.
  3. 700 ml air.
  4. 1/2 sdt pasta strawberry.


Cara Membuat Strawberry Mirror Cake


  1. Cara Membuat Vanilla Sponge Cake: Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius, siapkan loyang bundar diameter 22 cm, olesi mentega dan alasi dengan kertas roti. Sisishkan.
  2. Dalam satu wadah, kocok telur, kuning telur dan gula hingga kental dan ringan. Masukkan vanilla, kocok hingga rata.
  3. Dalam wadah lain, kocok putih telur hingga mengembang, masukkan cream of tar-tar, kocok terus hingga kaku. Masukkan gula, kocok hingga putih telur mengkilap (jangan over beat).
  4. Masukkan ayakan tepung ke dalam kuning telur, aduk balik perlahan. Masukkan seperempat bagian putih telur, aduk balik perlahan. Masukkan sisa putih telur, aduk balik perlahan kembali.
  5. Tuang ke dalam loyang, panggang selama 20-25 menit hingga permukaannya kecoklatan. Keluarkan dari oven. Biarkan atas rak kawat hingga dingin. Kemudian belah cake membujur menjadi 2 bagian. Sisihkan.
  6. Cara Membuat Soaking Syrup: Dalam saucepan, campur air dan gula. Panaskan di atas api sedang, aduk hingga gula larut. Dinginkan. Masukkan kirsch, aduk rata. Masukkan ke dalam kulkas hingga saat akan digunakan.
  7. Cara Membuat Strawberry Bavarian Cream: Dalam satu wadah, campur gelatin dengan strawberry puree, aduk hingga tercampur rata. Sementara itu, panaskan susu cair.
  8. Dalam wadah lain, kocok kuning telur hingga ringan, masukkan susu panas, aduk dengan sendok kayu. Tuang balik ke saucepan, panaskan kembali dengan api kecil-sedang. Aduk hingga mengental (jangan terlalu lama/terlalu panas, nanti akan berubah jadi scramble egg, hoho). Angkat dan tuang ke dalam campuran gelatin, aduk hingga tercampur rata. Taruh pan di atas wadah yang berisi air es, biarkan hingga mencapai kekentalan seperti krim kocok.
  9. Kocok whipping cream hingga puncak tumpul. Masukkan ke dalam campuran gelatin, aduk hingga tercampur rata.
  10. Cara Membuat Strawberry Mirror: Dalam saucepan, panaskan agar-agar bubuk, gula dan air di atas api sedang hingga mendidih. Matikan api, biarkan uapnya hilang. Masukkan pasta strawberry, aduk rata. Biarkan dingin (tapi jangan sampai membeku).
  11. Penyelesaian: Taruh mika ukuran diameter 25 cm di atas alas kue. Taruh satu bagian vanilla cake, ciprati dengan soaking syrup. Tuang setengah bagian strawberry bavarian cream. Ratakan permukaannya dengan spatula. Taruh satu bagian vanilla cake lainnya, ciprati kembali dengan soaking syrup, tuang sisa strawberry bavarian cream, ratakan permukaannya dengan spatula kembali. Terakhir, tuang strawberry mirror di bagian atas cake.


Setelah jadi jangan langsung dimakan ya. Lebih baik dan disarankan untuk di dinginkan di dalam lemari es selama kurang lebih 4 jam atau semalaman hingga set dan mengkilat. Selesai sudah cara membuat Strawberry Mirror Cake ala Rusianya. Walaupun kelihatannya ribet, tetapi resep Strawberry Mirror Cake ini memang luar biasa. Pasti terbayarkan lelah kita. Jangan lupa coba juga resep cheese butter cake, resep bolu gulung panggang dan cara membuat donat dari tepung kentang ya.

This Is The Newest Post