Saturday, December 3, 2016

Cara Membuat Resep Bolu Gulung Panggang Dasar Mudah Dan Sederhana

Resep Bolu Gulung Dasar Untuk Aneka Kue Bolu Anti Bantat. Resep bolu panggang ini merupakan resep dasar yang bisa dikreasikan dengan banyak macam toping ataupun isian. Bunda bisa mengkombinasikannya dengan cheese, selai nanas, starwbery atau membuat bolu gulung panggang coklat spesial. Kalau sudah diolah menjadi bentuk lain atau diberi berbagai macam topping, dijamin resep kue bolu gulung panggang dasar ini pasti memikat hati dan lidah setiap orang.


resep bolu gulung panggang
Resep Cara Membuat Bolu Gulung Dasar ini aku liat dari blog resepnya mbak Ningnong. Rasanya enak, lezat dan empuk walaupun tanpa diberi olesan dan bahan topping macam-macam. Tidak hanya aku, anak anak mulai dari yang kecil sampai suamiku aja doyan banget. Bisa habis lebih dari 2 potong bolu gulung dasar ini. Selain hasilnya yang empuk dan lembut, telur yang digunakan untuk membuat resep kue bolung dasar ini juga minimalis dan gak perlu banyak telir. Buat ibu-ibu seperti kita, telur sedikit tentu menjadi salah satu point penting buat kesehatan keuangan keluarga bukan. Buat yang sudah buru-buru, bahan resep dan tips cara membuat bolu gulung resep dasar ada dibawah ya.

Bahan Resep Cara Membuat Bolu Gulung Panggang Dasar Aneka Topping



  1. 6 butir telur ayam biasa ukuran sedang
  2. 90 gram gula pasir putih
  3. 80 gram tepung terigu yang diayak halus
  4. 1 sendok teh emulisifier (kalau enggak pakai boleh, tapi disarankan pakai supaya mengembang sempurna
  5. 100 gram margarin, panaskan dan cairkan ditempat terpisah.
  6. 20 gram susu bubuk merek terserah anda
  7. 1 sendok teh pasta vanila merek sesuka anda


Bahan Isian Bolu Gulung Panggang

  1. Secukupnya selai bluberi merek bebas
  2. Secukupnya selai nanas merek bebas atau buatan sendiri
  3. Secukupnya selai stroberi merek bebas
  4. dan isian lainnya, sesuai selera masing-masing


Cara Membuat Bolu Gulung Anti Bantat



  1. Pertama kocok telur dengan gula pasir.
  2. Selanjutnya tambahkan emulisifier ( ga dipakai juga gak apa apa ) plus 1 sendok pasta vanila. Kocok semua bahan sampai putih mengembang. Kalau pake mixer philips kira-kira butuh waktu sekitar 25 menit.
  3. Kemudian turunkan kecepatan mixer terus masukkan dan campurkan terigu dan susu bubuk (pencampuran susu dan terigu di luar ya, aduk sampai rata) ke dalam adonan. Mixer dan kocok semua bahan hingga rata kemudian matikan.
  4. Masukkan margarin yg telah dilelehkan ke dalam adonan. Aduk semua bahan hingga rata. Perhatian, jangan sampai ada sisa margarin cair di dasar adonan ya. Hal ini bisa dan sering menyebabkan bolu gulung yang dioven nanti menjadi bantat.
  5. Hidupkan oven panggang dengan suhu 190 derajat celcius kurang lebih selama 15 menit.
  6. Masukkan adonan ke dalam loyang yang bersih. Aku pakai ukuran 30 cmx30 cm.
  7. Loyang yang sudah diisi adonan diatas dimasukkan ke dalam oven kemudian masak panggang sampai matang. Tergantung ovennya, tetapi kalau punyaku selama kurang lebih 20 sampai 25 menit.
  8. Cek bolu dengan tusuk gigi kalau sudah kering angkat.
  9. Isi dengan berbagai macam bahan isian sesuai selera kemudian gulung dengan rapi.


Setelah dingin, resep bolu gulung panggang dasar diatas sudah bisa di potong dan diiris sesuai selera. Bagaimana hasilnya resep bolu gulung teman-teman? Lembuk, empuk dan tidak bantat bukan. Asal mengikuti resep kue bolu gulung diatas insya Allah jadinya bagus dan empuk. Ingat, margarine cair di langkah diatas harus benar-benar tercampur rata. Kalau sampai masih ada sisa di dasar loyang, ini yang bikin resep bolu dasar nya nanti biasanya hasilnya bantat dan tidak seenak yang kita inginkan. Silahkan dicoba juga Resep Cake Tape Keju atau Cara Membuat Kentang Panggang Keju.