Wednesday, December 7, 2016

Cara membuat Frozen Yoghurt Mochi Dingin Enak dan Mudah

Pake resep frozen yoghurt mochi spesial makanan penutup ini bisa dapet 2 dessert yang enak dan lezat yang berbeda, yaitu froyo sama fruit salad. Mantap dan yummy bukan. Kok bisa ya, gimana caranya? Caranya cukup mudah kok. Biasanya saya kan selalu makan dessert ini dengan porsi yang bisa dibilang jumbo, kaleng froyo-nya, buah kalengny dan juga mochi-nya. Karena frozen yoghurt mochi ini buatan sendiri atau homemade, aku gak selalu pake bahan penstabil. Jadinya waktu baru disantap dan habis separo si froyo ini udah meleleh dan lumer gitu. Kalau sudah begitu, solusinya aku campur semuanya (froyo dengan buah, mochi) menjadi satu. Setelah itu aku ambil keju cheddar dan aku parut dan taruh di bagian atasnya. Jadi selesai deh hidangan penutup atau deser fruit salad. Mudah dan cerdas bukan solusi dari saya ini :).


Bahan-bahan Frozen Yoghurt Mochi Yang Dibutuhkan


Bahan Untuk Frozen Yoghurt:

  1. 500 ml whipping cream, kocok hingga kaku (bisa dikurangi jadi 250-300ml kalau ingin rasa yoghurtnya lebih terasa dan menonjol).
  2. 500 gram plain yoghurt.
  3. 5 sendok makan gula pasirnya.
  4. Secukupnya tepung maizena untuk taburan.
  5. 1 buah longan kalengan.
  6. 1 buah lychee kalengan.
  7. 1 buah peach kalengan.
  8. Kalau suka, bisa ditambahin dengan topping yang disukai yang disesuaikan dengan selera masing-masing seperti contoh stroberi, almond flakes panggang, mangga, jelly, sereal, dan lain-lain.


Cara Membuat Frozen Yoghurt Mochi Mudah Enak Dan Yummy


Langkah membuat Frozen Yoghurt :
Dalam satu wadah ukuran sedang, campur cream dengan yoghurt dan juga gula pasirnya.
Setelah itu aduk semua bahan hingga gula pasirnya larut.
Setelah larut, masukkan kedalam freezer selama 15-20 menit.
Kemudian masukkan yoghurtnya ke dalam ice cream machine lalu proses hingga selesai dan jadi frozen yoghurt.

Kalau bunda dan sita kebetulan tidak punya ice cream machine di rumah, bisa dibuat dengan cara manual. Pertama keluarkan yoghurnya setelah itu keruk -keruk adonan lalu masukkan kembali ke freezer lagi selama 30 menit. Setelah itu keluarkan lagi, keruk yoghurt lagi, masukkan freezer 30 menit lagi. Lakukan beberapa kali sehingga sampai mendapatkan kelembutan dan tekstur yang diinginkan.

Bahan Mochi :
Tepung ketan kurang lebih 1 cup.
Gula kurang lebih 1/3 cup saja.
Air matang kurang lebih 3/4 cup.
1/2 sdt esens tutti frutti
Pewarna merah muda secukupnya atau beberapa tetes
Tepung maizena secukupnya untuk taburan

Cara Membuat Mochi:
Pertama ambil wadah yang bisa dimasukkan ke dalam microwave dan didalam wadah tadi campur semua bahan diatas dan aduk sampai benar-benar rata.
Selanjutnya tutup wadah tadi dengan plastic wrap sampia rapat.
Kemudian masukkan kedalam microwave lalu panaskan selama 2 menit dengan suhu tinggi.
Keluarkan wadah tadi lalu aduk-aduk sampai rata kemudian tutup kembali dengan plastic wrap sampai rapat.
Masukkan kembali kedalam microwave lalu panaskan selama kurang lebih 3 menit dengan suhu tinggi atau atur sesuai sehingga adonan menjadi bening.
Ambil loyang dan taburkan permukaan loyang dengan tepung maizena selanjutnya taruh adonan (hati-hati panas!), tabur dengan maizena lalu giling hingga ketebalan 1cm.
Setelah dicapai ketebalannya lalu potong-potong dadu.

Setelah semua bahan froozen yoghurt dan mochinya selesai dibuat, ambil beberapa scoop frozen yoghurt bekunya lalu taburi bagian atasnya dengan potongan mochi tadi ya (tunggu sampai benar-benar dingin). Kemudian bagian atasnya taburi dengan longan kalengan, buah lychee dan beberapa potongan peach. paling enak dan mantap sih buah-buat tadi ambil yang banyak supaya lebih segar kemudian siap dinikmati. Setelah itu ambil potongan keju cheddar diatas kemudian parutkan di tengah frozen yoghurt mochi menikmati froyo ya. Wajib dicoba juga Tiramisu Cake dan Cara membuat Bolu Gulung.