Tuesday, November 22, 2016

Resep Kentang Panggang Keju Brokoli Dan Cara Membuatnya

Cara Mudah Membuat Resep Kentang Panggang Keju Dengan Brokoli Enak dan Lezat. Ceritanya waktu itu lagi pengen banget brokoli & cheese-nya Wendy's. Pasti sudah pada tahu kan. Tapi pas mau keluar ada saja halangannya, yang malas lah, hujan lah dan yang lainnya. Kebetulan pula koneksi internet lagi bermasalah. Mau coba browsing cari resep kentang panggang dan cara membuat kentang panggang keju jadi nggak bisa. Padahal kalau ada, sudah rencana mau bikin resep kentang panggang ini di rumah lho. Mumpung lagi ada waktu

Ya udah, akhirnya coba-coba aja resep kentang panggang brokoli dengan keju ini. sebenarnya hanya berdasarkan feeling saja. Gak ada panduan atau nyontek darimana-mana. Berdasarkan pengalaman membuat resep masakan dan resep kue sebelumnya. Tapi alhamdulillah, ternyata kentang panggang keju dan brokoli ini enak juga. Beda tipis lah dengan kentang panggang keju dari sebelah. gak kalah juga dengan resep kentang panggang lainnya.

resep kentang panggang keju

Bahan-bahan Resep Kentang Panggang Keju Brokoli



  1. 1 kg kentang ukuran sedang ya.
  2. 1 kotak susu UHT yang murni (kebetulan kartonnya biru juga)
  3. 1 bonggol brokoli. Gunakan brokoli yang masih segar ya dan jangan lupa cuci dulu sampai bersih.
  4. 1 batang keju yang biasa aja (yang kartonnya biru juga boleh haha)
  5. Garam dapur secukupnya
  6. merica halus secukupnya
  7. mayonise secukupnya
  8. alumunium foil buat membungkus dan memanggangnya


Cara Membuat Kentang Panggang Keju Dengan Brokoli



  1. Pertama, kentangnya disikat dulu ya sampai bersih. Biar bisa dimakan dengan kulitnya (soalnya, saya mah hobi makan kulit kentang panggangnya Wendy's, suerrr).
  2. Lalu, setelah dicuci bersih dikukus sampai matang. Hati-hati ya ngukusnya, soalnya waktu itu saya ngukus kentang sampai airnya saat hahaha ... (Saat = kering gitu lho).
  3. Kedua, setelah kentang matang merata, ditunggu agak dingin dulu. Lalu belah menjadi dua dan kerok dan ambil bagian dalam kentang. Sisakan bagian luarnya, biar bentuknya masih agak gimanaaa gitu.
  4. Ketiga, isi kentang yang tadi sudah diambil dan dikerok dihaluskan samapi benar-benar halus.
  5. Lalu campur susu UHT murni dan parutan keju kedalam wadah kentang halusnya, terserah aja komposisinya, bagaimana selera masing-masing.
  6. Lalu, tambahkan garam dan merica, jumlah dan beratnya terserah juga sesuai selera. Waktu itu, saya mencampur 1 kg kentang (ukuran kecil kira-kira 7 bijian) dengan 1 kardus susu UHT murni dengan keju parut 1/2 kotak. Nanti sesuaikan saja dengan selera ya.
  7. Keempat, isikan lagi isi kentang yang sudah tercampur ke dalam kulit kentang. Lalu, hiasi lagi atasnya pake parutan keju kemudian Bungkus dengan alumnunium foil, tapi atasnya jangan ya. Karena si Emak suka betek kalau oven masuk dapur dalam (karena bikin kotor kompor), saya panggang di toaster aja kurang lebih sekitar 15 menit. Ingan jangan terlalu lama-lama ya, soalnya kejunya mungkin nanti bisa jadi hangus juga.
  8. Langkah terakhir, rebus potongan brokoli (tambahkan sedikit garam ke air rebusan), lalu sajikan di piring bersama si kentang yang sudah matang. Jangan lupa si brokolinya diberi mayonse sesuai selera.


Bocoran aja nih. Biasanya kalau membuat resep masakan yang agak ribet seringkali diprotes si Emak, selalu adaa saja yang diprotes dan dikritik. Tapi karena resep kentang panggang keju dan brokoli kali ini berhasil, nggak menuai protes. Setelah saya tanya kok tumben, teryata soalnya nggak bikin dapur berantakan. Walaupun sederhana, si Papap suka banget dan yang ngabisin kentangnya keju panggang brokoli tadi. Jangan lupa coba juga Resep Cake Tape Keju dan Es Coklat Spesialnya ya.